Bisnis Game Online Berkembang dan Menggiurkan

CHIP.co.id – Dalam 12 tahun terakhir, game online telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Perkembangan ini terlihat dari banyaknya pusat game di kota-kota besar maupun kecil. Berkat perkembangan teknologi, terutama internet, game yang dulunya dimainkan maksimal oleh dua orang, sekarang dapat dimainkan bersama dengan 100 orang lebih dalam waktu yang bersamaan.

Sejak muncul pertama kali di Indonesia tahun 2001 melalui Nexian Online, game online mulai menjadi perhatian para pengusaha yang ingin memulai mengembangkan jaringan bisnis mereka. Tak lama setelah kemunculannya, setidaknya terdapat 20 judul game online yang beredar dengan genre yang bermacam-macam.

“Bisnis game online di dalam negeri masih besar, disebabkan ekonomi Indonesia yang tumbuh di atas 6% dari tahun ke tahun. Besarnya potensi pasar tersebut memberikan dukungan kepada Megaxus untuk meluncurkan produk terbaru agar tetap eksis,” kata Eva Mulawati, managing Director PT. Megaxus Infotech dalam peluncuran Heroes of Atarsia, kemarin (28/1).

“Jumlah pemain game online di Indonesia meningkat antara 5%-10% setiap tahunnya, terutama karena semakin pesatnya infrastruktur internet,” ujar Eva.

“Diharapkan maraknya perkembangan industry game dapat memperoleh perhatian dan dukungan positif dari pemerintah, karena industri game ini sangat potensial dalam meningkatkan perekonomian Negara, contohnya di Korea Selatan, game telah menjadi industri pilar perekonomian baru dan membuka pasar luar negeri pada tingkat pertumbuhan tahunan 50% dari keseluruhan volume ekspor Korea Selatan. Saya yakin Indonesia pun bisa mengoptimalkan potensi industri game untuk menjadi salah satu pilar perekonomian negara.”

Industri game di Indonesia menghasilkan pendapatan US$190 juta sepanjang tahun 2013 dengan tingkat pertumbuhan 35% dibanding tahun sebelumnya. Ada labih dari 25 juta pemain game online di Indonesia, menunjukkan tren gaming yang sangat menjamur.

Editor : Insaf Albert Tarigan

Megaxus adalah klien PowerPR.