Media Indonesia Talkshow : Komunikasi Efektif Jaminan Kesehatan Nasional

Dalam rangka sosialisasi dan penjelasan tentang program JKN, Media Indonesia bersama Bank Mandiri, BPJS, dan PowerPR menyelenggarakan talkshow berjudul “Membangun Komunikasi Efektif di Era Keterbukaan Informasi dalam Penerapan Jaminan Kesehatan Nasional Menuju Indonesia Sehat”.

Acara berlangsung di ORIA Hotel Jakarta Pusat pada hari Rabu (12/3), mengundang para Direktur dan Humas dari Rumah Sakit di Jabodetabek.

Acara semula akan dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Dr.Nafsiah Mboi, SpA,MPH, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, dan CEO PowerPR yaitu Chrislovita Wiloto. Namun Karena Menteri Kesehatan berhalangan hadir, digantikan oleh drg. M.Kamaruzzaman,MSc selaku Kepala Bidang Jaminan Kesehatan Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI. Sementara Fachmi Idris digantikan oleh Purnawarman Basundoro selaku Direktur Hukum, Komunikasi, Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan.

Pada acara ini dijelaskan mengenai Jaminan Kesehatan Nasional yag diselenggarakan oleh BPJS, mulai dari alasan dibuatnya JKN sampai perbincangan mengenai kuota yang disediakan oleh RS untuk peserta JKN dan rencana menaikkan tarif Ina-CBGs agar semakin banyak Rumah Sakit yang bersedia bekerjasama dalam program JKN ini.

Tarif Ina-CBGs yang rendah, mengakibatkan banyak Rumah Sakit Swasta enggan bekerjasama dengan BPJS. Padahal Rumah Sakit dengan lokasi yang terjangkau untuk para peserta JKN, bisa membantu menyelamatkan atau mencegah kondisi pasien peserta JKN menjadi lebih buruk sebelum mendapat pertolongan.

Pada acara ini diharapkan bisa menjadi wadah yang mampu menjelaskan mengenai keunggulan program JKN dan menyelesaikan pertanyaan pihak RS mengenai Jaminan Kesehatan Nasional agar ke depannya bisa melayani masyarakat lebih baik lagi. [ngn]