PT Indo Kordsa, Tbk Resmikan Pabrik Baru Senilai Hampir 100 juta USD

Siaran Pers | 6 Januari 2015

Citeureup, 6 Januari 2015 – PT Indo Kordsa, Tbk meresmikan pabrik baru senilai hampir 100 juta USD berkapasitas 18 kton untuk kain ban, dan pabrik dengan kapasitas produksi 14 kton untuk benang polyester di Citeureup, 6 Januari 2015. Hal ini menjadikan PT Indo Kordsa Tbk sebagai pabrik terbesar ke-2 dalam jajaran anak perusahaan Kordsa Global, Turki untuk kategori perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia bahan baku serat ban, serat nylon, polyester, rayon serta benang nylon untuk ban. Diresmikan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia – Saleh Husin, dan dihadiri oleh Güler Sabanc?-Chairman and Managing Director of Sabanc? Holding dari Turki, Cenk Alper – CEO Kordsa Global, Ali Çal??kan – Vice President Operator Kordsa Global, Nuri Refik Düzgören – President Director PT. Indo Kordsa Tbk., dan Nurhayanti – (Plt) Bupati Bogor.

Cenk Alper mengatakan, “Indonesia merupakan lokasi investasi utama yang kami pilih dibanding negara-negara lain. Investasi USD 100 juta itu merupakan yang terbesar di luar Turki. Dengan adanya pabrik yang kedua ini, total investasi kami di Indonesia sudah USD 200 juta (sekitar Rp 2,5 triliun), dan total kapasitas produksi sekarang menjadi 105 juta ton.”

Alper melanjutkan, “Sejak 2007 saat pertama kali berinvestasi di Asia Pasifik, tim lokal dan global berusaha memberikan nilai tambah dengan membawa standar produk Kordsa Global. Standar kami adalah meningkatkan kualitas, menekan biaya, serta meningkatkan pelayanan. Kami harus mempertahankan eksistensi di lingkungan yang semakin menantang ini.”

Presiden Direktur PT Indo Kordsa Tbk, Nuri Duzgoren menjelaskan, “Pabrik kedua ini memiliki luas 24.000 hektar dengan kapasitas produksi 18 kiloton kain ban dan 14 kiloton untuk benang polyester. Pabrik ini juga mampu menyerap 1.200 tenaga kerja. Kami bangga bisa melakukan perluasan pabrik di Indonesia, dan ikut mendukung ekonomi nasional dan mengurangi pengangguran.”

Nuri melanjutkan, “Saat ini, ekspor PT Indo Kordsa mencapai US$ 90,67 juta atau 48 persen dari total penjualan senilai US$ 191 juta, dengan penambahan kapasitas produksi diperkirakan akan meningkatkan nilai ekspr dari US$ 90,67 juta menjadi US$ 130 juta, sedangkan pasokan tambahan dalam negeri, penjualannya diperkirakan meningkat dari US$ 99,37 juta menjadi US$ 141 juta.”

Sementara itu, ?Presiden Director Sabanci Holding, Mehmet Pakarun mengatakan bahwa salah satu alasan perusahaan terus berekspansi di Indonesia adalah karena tenaga kerja dan keuletan tenaga kerja di Indonesia.

“Daya tarik Indonesia lebih kepada wirausaha muda dan jiwa kerja tenaga kerjanya yang selalu ingin lebih baik, setiap hari”, kata Mehmet.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian yang didapuk untuk melakukan peresmian berharap Indo Kordsa semakin ekspansif untuk melakukan investasi dalam beberapa tahun ke depan. Mengingat, perekonomian terus tumbuh dan semakin dekat dalam menghadapi pasar bebas ASEAN.

“Kami harapkan dalam beberapa tahun ke depan ada pabrik kedua, ketiga dan seterusnya,” tutup Saleh.

Tentang PT Indo Kordsa Tbk

PT Indo Kordsa Tbk didirikan pertama kali pada bulan Juli 1981 dengan nama PT Branta Mulia (BRAM), dan bergerak dalam bidang penyedia kain ban, serat nylon, polyester, rayon serta benang nylon untuk ban. BRAM telahter daftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990.

Sejak bulan Desember 2006, BRAM diambil alih oleh perusahaan besar asal Turki bernama Kordsa Global. Hingga saat ini, Kordsa Global telah memiliki anak perusahaan di 7 negara yang tersebar di 5 benua di dunia, seperti: Jerman, Mesir, Amerika Serikat, Brazil, China, Thailand, dan Indonesia. Pada tahun 2007, Branta Mulia (BRAM) resmi berganti nama menjadi PT Indo Kordsa Tbk.

Tentang Sabanci Holding

Sabanci Holding adalah perusahaan induk dari Sabanci Group, konglomerat terkemuka di industri dan keuangan Turki. Perusahaan Sabanci Grup adalah pemimpin pasar di sektor masing-masing yang mencakup jasa keuangan, energi, semen, retail dan industri. Terdaftar di Borsa Istanbul (BIST), Sabanci Holding merupakan pengendali di 10 perusahaan yang juga tercatat di BIST.

Perusahaan Sabanci Group saat ini beroperasi di 18 negara dan memasarkan produk mereka di daerah-daerah di seluruh Eropa, Timur Tengah, Asia, Afrika Utara, Amerika Utara dan Selatan. Memiliki nilai investasi yang signifikan di Turki, Sabanci telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam bisnis inti. Reputasi serta brand image membantu memperpanjang operasinya ke pasar global. Mitra bisnis multinasional Sabanci Holding termasuk perusahaan terkemuka seperti Ageas, Aviva, Bridgestone, Carrefour, Citi, E. ON, Heidelberg Cement dan Philip Morris.