Talkshow HUT PowerPR ke 11

 

10 LANGKAH MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRATEGI KOMUNIKASI

Tingkat persaingan bisnis kian hari semakin berat dan ketat. Strategi untuk memenangkan pasar menjadi hal yang mutlak bagi setiap perusahaan. Kurang tepatnya strategi komunikasi dapat mengakibatkan berkurangan nilai perusahaan. Strategi komunikasi sangat menentukan berhasil atau tidaknya strategi sebuah perusahaan. Bagaimana strategi komunikasi dapat meningkatkan nilai perusahaan? Perlu strategi komunikasi yang jitu untuk melaksanakan strategi perusahaan. Strategi perusahaan berkaitan erat dengan pencapaian visi, misi, obyektif, dan goal-goal perusahaan dengan memperhitungkan segala sumber daya yang ada serta semua kondisi eksternal dan internal yang ada. Dengan menerapkan strategi bisnis yang tepat. Fungsi-fungsi perusahaan perlu dikembangkan secara seksama dengan mempertimbangkan kepentingan perusahaan itu sendiri yang berhubungan dengan customer, shareholders, stakeholder dan publik secara umum.

Secara internal, komunikasi perusahaan perlu dikembangkan sebagai titik strategis. Komunikasi ini harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai, strategi yang akan digunakan untuk mencapainya, taktik atas sumber daya akan digunakan serta sumber daya yang dimiliki perusahaan yang bersangkutan. Hal ini dimaksudkan agar ada kesatuan strategi komunikasi dalam strategi perusahaan, baik strategi pengembangan internal juga strategi bersaing. Strategi akan selalu terkait dengan taktik. Strategi merupakan suatu pendekatan untuk mencapai tujuan. Strategi perusahaan merupakan pendekatan yang dilakukan oleh organisasi bisnis untuk dapat merealisasikan visinya sehingga mampu meningkatkan nilai perusahaan. Sedangkan strategi bersaing akan terkait dengan bagaimana dapat perusahaan mengungguli kompetitor dengan kompetensi yang dimiliki dan dibangun oleh perusahaan.

Dalam penerapan strategi komunikasi, perlu diperhitungkan faktor globalisai bisnis dan meningkatnya aneka ragam angkatan kerja, meningkatnya nilai informasi tingkat resapan teknologi, tumbuhnya ketergantungan pada kerja tim, evaluasi struktur organisasi, berbagai macam hambatan terhadap komunikasi yang berhasil. Langkah Meningkatkan Nilai Perusahaan dengan Strategi Komunikasi menurut Christovita Wiloto, Managing Partner PowerPR – Asia Pacific sebagai berikut:

  1. Sadari strategi komunikasi penting untuk meningkatkan nilai perusahaan, baik yang sudah go public, maupun non go public.
  2. Sadari logika bisnis (logic of business) dari perusahaan kita.
  3. Sadari apa Visi, Misi, Obyektif atau rencana strategis (strategic planning) perusahaan kita.
  4. Sadari bahwa kepercayaan publik (public trust) adalah segalanya bagi perusahaan.
  5. Tentukan posisi (positioning) perusahaan kita untuk membangun dan mempertahankan public trust.
  6. Audit Persepsi:  Untuk mengukur tingkat public trust dan memastikan publik memiliki persepsi yang sama dengan positioning yang kita inginkan.
  7. Buat strategi komunikasi yang sesuai dan mendukung strategi perusahaan dan hasil audit. Sehingga membangun dan meningkatkan public trust.
  8. Lakukan Manajemen Perubahan agar sesuai dengan strategi dan positioning yang sudah ditentukan, agar pubic trust meningkat terus.
  9. Membangun sistem komunikasi internal dan eksternal, membuat program komunikasi yang sesuai strategi membangun dan meningkatkan public trust.
  10. Kontrol dan evaluasi pelaksanaan program secara terus menerus, evaluasi yang baik dapat memperbaiki kualitas strategi bahkan visi dan misi perusahaan